Tentang Lontong Balap Asli Pak Gendut

SEJARAH LONTONG BALAP ASLI PAK GENDUT

Sejarah lontong balap Pak Gendut dimulai tahun 1958. Ketika itu dengan cara berjualan keluar masuk kampung dengan ditemani rombong pikulan khas lontong balap. Yang berjualan wktu itu adalah orang tua dari Pak Gendut sendiri.

Pada tahun 1970-an Pak Gendut mulai membantu orang tuanya dengan melanjutkan jualan lontong balap di depan Bioskop Garuda. Bioskop Garuda di jalan Kranggan ini dikenal sebagai tempat mangkal penjual lontong balap. Kerap kali dijuluki sebagai lontong balap Garuda karena masih memakai lapak kaki lima persis di depan Bioskop Garuda.

Selanjutnya di tahun 1985 Pak Gendut melanjutkan usaha orang tuanya sendiri dikarenakan orang tua sudah lanjut usia. Pada tahun 1995 lontong balap Garuda milik Pak Gendut diubah menjadi lontong balap Pak Gendut karena julukan dari para pelanggan yang mungkin tidak tahu nama asli dari Pak Gendut. Jadi pelanggan setia Pak Gendut memberikan julukan itu karena memang poster tubuhnya yang gendut.

Waktu terus berjalan sampai tahun 2006, mulailah putra dari pak gendut yang bernama Pak Aris Taufiq ikut membantu dalam berjualan lontong balap. Sampai akhirnya di tahun 2007 Pak Gendut meninggal dunia dan resep masakan lontong balap Pak Gendut diwariskan kepada putranya tersebut.

Tahun 2012 lontong balap Pak Gendut yang menempati lahan gedung Bioskop Garuda digusur untuk penertiban lokasi supaya tidak merugikan pejalan kaki, karena memang saat itu lontong balap Pak Gendut menepati lahan/area trotoar.

Pada hari Minggu 28 Oktober 2012 lontong balap Pak Gendut pindah lokasi yang sekarang bertempat di Jl. Prof. Dr. Moestop 11 Surabaya. Sebagai pewaris yang mewarisi resep masakan dari almarhum Pak Gendut, merk sudah didaftarkan secara hukum ke Kemkumham dengan merk terdaftar 000271502.

Dengan merk yang sudah dipatenkan ini, maka lontong balap Pak Gendut yang asli hanyalah yang dimiliki oleh Pak Aris.

 

LONTONG BALAP PAK GENDUT
Merk paten: 000271502

STAND PUSAT
Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM + Dekat Stasiun Gubeng)
Pindahan dari Jalan Kranggan
Buka Jam: 09.00 – 20.00 wib

CABANG UTAMA
Jl. Embong Malang No. 38 Surabaya (seberang UFO Outlet)
Buka Jam 09.00 – 20.00 wib

FASILITAS:
– Free wifii
– Toilet
– Kapasitas tempat 70 orang

-Mushola

Menerima pesanan: lontong balap Pak Gendut/081 551 16202